Segera Tuntaskan BLBI

BLBI
Penulis : Pada : -126 Views

IDberita.CO.ID-  Dewan Perwakilan Rakyat meminta agar Kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) segera dituntaskan. Menurut Marzuki Alie selaku Ketua DPR meminta agar aparat menuntaskan kasus BLBI karena telah merugikan negara sebesar Rp1,95 triliun dan meminta tuntutan kerugian terhadap negara lebih diutamakan agar pelaku tidak bisa menikmati uang negara yang telah dikorupsi meski sudah diputuskan hukuman penjara. Melalui  Kerja sama Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan interpol Amerika Serikat akhirnya  berhasil menangkap Sherny Kojongian yang merupakan Mantan Direktur Marketing Bank Harapan Sentosa (BHS) kabur ke luar negeri sejak 2002 ketika proses persidangan kasus korupsi BHS berlangsung dan terbukti bersalah dan merugikan negara sebesar Rp1,95 triliun.

Gede Pasek Suardika selaku Ketua Komisi III DPR juga mengatakan hal yang sama yaitu menindak proses hukum terhadap kasus BLBI agar segera dituntaskan dan juga menyelamatkan aset negara diharapkan penangkapan Sherny harus bisa menjadi pintu masuk membongkar kasus mega korupsi tersebut dan kejaksaan layak menjadi yang terdepan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Sherny bersama Hendra Rahardja dan Eko Edi Putranto terbukti bersalah merugikan negara menurut majelis hakim. Ketiganya dijatuhi hukuman oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat secara in absentia untuk mengembalikan kerugian negara dan divonis 20 tahun pada 18 Maret 2002 dan dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi DKI pada 8 November 2002 tetapi tidak dapat segera dieksekusi karena Sherny, Hendra, dan Edi Putranto telah lebih dahulu melarikan diri ke luar negeri. Terhadap Hendra Rahardja, Pemerintah Indonesia telah mengupayakan ekstradisi yang bersangkutan dari Pemerintah Australia. Namun, upaya ini tidak  dapat terlaksana karena terpidana meninggal dunia pada 2002.

Must Read ID News (631 of 655 articles)
7voyo2JGHU